Entri Populer

Powered By Blogger

Laman

Senin, 25 Oktober 2010

Artikel : Tentang Malaikat Rummaan

Malaikat Rumman ?

Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Salam R.A. berkata : Nabi SAW bersabda : Alloh telah menciptakan seorang malaikat yang wajahnya bersinar laksana matahari, ia ditugaskan oleh Alloh untuk masuk kedalam kubur, sebelum malaikat Munkar dan Nakir masuk ke kubur.
seraya berkata : Wahai mayat (Fulan Bin Fulan) bangunlah kamu dari tidurmu.... (kemudian si mayat itu terbangaun sebagaimana ia bangun dari tidurnya).
Kemudian Malaikat Rumman berseru kepada si mayat : Tuliskan seluruh amal kebaikan dan kejahatan yang kamu lakukan selama hidup didunia ..!,
kemudian si mayat bertanya : dengan apakah aku harus menulis amal kebaikan dan kejahatan ku...? disini tidak ada tinta, pena dan kertas untuk menulis.
Malaikat menjawab : Dengan air liurmu kau gunakan sebagai tintanya. Jari-jemarimu sebagai pena-nya, kemudian Malaikat memotong sebagian kain kafannya sebagai kertasnya.
kemudian si mayat itu menulis seluruh kebaikannya. saatnya menulis amal kejelekannya si mayat ini berhenti,
kemudian malaikat berkata : kenama engkau berhenti menulis amal kejahatanmu...?
Si Mayat berkata : Saya merasa malu kepada mu (malaikat). kenapa engkau malu kepadaku, seharusnya engkau malu kepada Alloh, tuhan mu yang telah menciptakanmu dengan bentuk yang sebaik-baiknya.
kemudian Malaikat Rumman mengambil tongkat dan dipukulkan kepada si mayat. maka teriaklah itu mayat, Apuuni ...aku, jangan siksa aku....
kemudian Si mayat menulis seluruh kejelekan yang ia lakukan selama hidup didunia....
setelah amal kebaikan dan kejahatan ditulis semua, selanjutnya Malaikat Rumman menyuruh untuk menandatangani atau menyetempel tulisan tesebut.
Si Mayat bertanya : dengan apa aku menyetempel tulisanku ini ...?
Jawab Malaikat : dengan kuku-kukumu. lalu dilipet tulisan itu dan dikalungkan ke leher si mayat sampai tiba Hari Kiamat.
sebagaimana firman Alloh SWT : Dan tiap catatan buku amal mereka telah dikalungkan ke lehernya sampai tiba hari Kiamat. dan mereka jumpai dalam keadaan terbeber.
selanjutnya masuklah Malaikat Munkar dan Nakir itu masuk kekubur si mayat dengan beberapa pertanyaan......
Demikian semoga bermanfaat. Wallohu a'lamubilmurodihi.
(dikutip dari Kitab Daqoikul Ahbar)
Insya Alloh, Artikel selanjutnya Tentang Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir......

2 komentar:

  1. Alhamdulillah dengan bisa membaca artikelnya bisa menambah pengentahuan kita dan dapat lebih mendekatkan kita kepada Allah subahanallahtaallah.sedikit masukan alahkah lebih baik kalau taushiah setiap malam jumat nya membahas satu topik dan topik tersebut di muat di ulasan artikel nya.

    BalasHapus
  2. terima kasih sarannya, Insya Alloh akan saya buka kitab tersebut (Daqoikul Akhbar) setiap tauziyah saya. perbab.

    BalasHapus